Seberapa Pentingkah Pelatihan pada Anjing? Yuk Simak Penjelasannya

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di dunia. Hal tersebut dikarenakan hewan peliharaan yang satu ini sangat menggemaskan, pintar, dan juga memiliki loyalitas yang tinggi terhadap para pemiliknya. Untuk memiliki anjing dengan perilaku dan kepatuhan yang baik ini perlu dilakukan pelatihan yang dimulai sejak dini. Program pelatihan pada anjing ini sangatlah penting, karena ada beberapa jenis anjing yang bisa menjadi agresif jika tidak melakukannya. Program pelatihan ini baiknya dilakukan sedini mungkin, karena di usia dini anjing secara alami memiliki kapasitas yang sangat baik untuk menerima berbagai pelajaran yang diberikan oleh manusia. Oleh sebab itu anak anjing akan dengan mudah menyerap pembelajaran.

Untuk menunjang kenyamanan pemilih dan orang-orang yang ada di sekitarnya, anjing harus mengerti beberapa aturan dasar dalam kehidupan sehari-hari. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan kepada orang-orang professional untuk melakukan pelatihan untuk anjing anda. Pasalnya anjing akan mudah diberikan pelajaran dan mudah juga diterapkan ketika dilatih oleh professional. Sebenarnya tak apa-apa jika anda tak membawanya pada pelatihan professional. Pasalnya jika dilatih sejak kecil, anjing akan mudah diajarkan dan mudah untuk mengerti dengan cepat. Anda bisa mengajarkan beberapa aturan dasar dalam kehidupan sehari-hari agar anjing milik anda mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan di dalam rumah.

Ketika anda baru saja mengadopsi seekor anjing, anak anjing tersebut kemungkinan besar belum memiliki pemaham yang mendasar soal kehidupan di rumah. Pelatihannya memang membutuhkan waktu yang panjang dan juga kesabaran yang besar. Ketika anak anjing melakukan kesalahan, jangan pernah memarahi atau menghukumnya karena besar kemungkinan ia akan mengalami banyak trauma akibat dari hukuman yang dialami olehnya. Anda bisa mencari cara yang menyenangkan untuk membuat anak anjing tersebut bisa berprilaku baik di dalam rumah agar tidak lagi melakukan kesalahan. Dengan dilatih sejak dini, ketika ia beranjak dewasa maka anjing tersebut dapat berperilaku dengan sangat baik di dalam rumah dan bisa diandalkan.


Mulailah melakukan pelatihan dengan memanggilnya sejak dini. Ucapkan namanya secara perlahan dan juga jelas untuk bisa menarik perhatian anak anjing anda. Dalam pelatihan jangan lupa untuk selalu menyebutkan namanya pada setiap perintah yang diberikan. Anda bisa memanggil namanya untuk membuatnya menghampiri ada. Kemudian barulah mengajarinya untuk patuh terhadap semua perintah yang diberikan. Anjing dapat dengan mudah mengenali nama yang diberikan oleh pemiliknya. Oleh sebab itu di awal pertemuan anda harus sering menyebutkan namanya agar ia mengerti dan menjadi patuh ketika namanya disebut.

Seiring berjalannya waktu mulailah membiasakan mereka dengan mobil secara bertahap. Anda bisa membiasakan anak anjing masuk ke dalam mobil sejak usia dini sehingga ketika anda mengajaknya pergi menggunakan mobil tak akan membuat dirinya meraka khawatir. Kemudian lakukanlah beberapa perjalanan yang singkat sebelum anda melakukan perjalanan panjang bersama anjing anda. Anjing yang tak terbiasa dengan mobil akan mengalami kecemasan yang berlebihan dan bisa mengalami stress dengan keadaan di dalam mobil. Oleh sebab itu anda bisa mulai memperkenalkannya dengan mobil secara bertahap terlebih dahulu. Misalnya dengan masuk ke dalam mobil bersama anak anjing anda terlebih dahulu tanpa menyalakan mesin dan mulai bermain dengannya beberapa menit saja. Kemudian mulai nyalakan mobil namun jangan dulu memajukannya. Biarkan dia beradaptasi dengan suara mobil. Setelah anjing anda terbiasa dengan mobil maka dapat dengan mudah mengajaknya jalan-jalan dengan menggunakan mobil keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *