Mengenal Burung Jalak Bali Dengan Mengetahui Ciri-Cirinya

burung jalak bali atau nama ilmiahnya disebut dengan Leucopsar rothschildi merupakan sejenis burung pengicau yang memiliki ukuran sedang. Burung jalak bali memiliki Panjang kurang lebih 25 cm, dari suku Sturnidae. Burung jalak bali ini sangat dikenali sebagai curik ketimbang dengan jalak. Burung ini hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali dan merupakan hewan endemic Indonesia.

Bagi para penggemar ataupun pencinta burung di Pulau Dewata Bali, dapat memiliki seeokor burung jalak bali tentu sesuatu yang sangat istimewah. Karena, burung jenis ini tidak sembarangan orang dapat mengkoleksi atau memeliharanya, apalagi keberadaanya yang hampir punah. Untuk mengetahui bagaimana Burung jalak bali lebih baiak kenali terlebih dahulu ciri-cirinya berikut ini:


1. Bulu
Untuk mengenal burung jalak bali, ciri-ciri pertama dari burung jalak bali adalah warna bulunya. Warna bulu burung jalak bali menjadi salah satu ciri yang paling terlihat jelas. Dimana warna sebagian besar dari tubuhnya didominasu dengan warna bulu yang berwarna putih bersih. Warna putih bersih jalak bali membuat memikat, namun pada bagian bulu ekor dan juga ujung sayap jalak bali memiliki warna hitam.

2. Jambul
Burung jalak bali ternyata memiliki beberapa helai bulu jambul yang sangat indah, baik pada jenis kelamin betina maupun jenis kelamin jantan. Jambul ini akan berdiri tegak dan terlihat jelas apabila burung jak bali ini sedang berkicau. Namun, jambul ini pun terkadang sering diperlihatkan meskipin burung ini tidak sedang berkicau.

3. Mata
Burung jalak bali memiliki ciri khas pada bagian matanya selain pada bulunya. Burung ini memiliki warna mata coklat tua, dengan didaerah sekitaran kelopak matanya terdapat bagian yang tidak berbulu. Bagian yang tidak berbulu tersebut berwarna biru tua yang sangat khas.

4. Paruh
Burung jalak bali memiliki paruh yang berbentuk runcing dengan Panjang kira-kira 2 sampai 5 cm, dengan bentuknya yang khas. Di bagian atas atas paruh terdapat bagian yang meninggi dan juga memipih secara tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujungnya berwarna kecoklatan.

5. Ukuran
Burung jalak bali memiliki ukuran tubuh yang relative kecil, Panjang burung ini tidak lebih dari 25 cm. namun, burung jantan dan burung betina memiliki ukuran badan yang berbeda dan agak sulit untuk membedakan keduanya. Tetapi, secara umum burung jalak bali jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan memiliki kucir yang lebih Panjang dari betina.

6. Kaki
Burung jalak bali memiliki sepasang kaki yang sangat kekar, yang digunakan untuk berdiri tegak dan juga kuat. Oleh karena itu, karena kuat kakinya sering digunakan untuk mencekram. Kakinya memiliki warna abu kebiru-biruan dengan 4 jari jemari ( 1 jari ke belakang dan 3 ke depan).

7. Telur
Ciri-ciri yang terakhir untuk membedakan burung jalak bali dengan burung yang lainnya adalah dari telurnya. Dimana ternyata burung jalak bali ini memiliki sebuah telur yang sangat unik, yaitu berbentuk oval dan berwarna hijau kebiruan. Telur tersebut memiliki ukuran rata-ratanya berdiameter antara 2 sampai 3 cm.

Karena polulasinya yang mendekati kepunahan, maka tidak heran harga burung jenis ini melambung sangat tinggi atau mahal. Meskipun demikian, namun sampai saat ini burung jalak bali tetap populer di kalangan pencinta burung. Oleh karena itu untuk mengetahui bagaimana burung jalak bali, ketahuilah terlebih dahulu bagaimana bulu, jambul, mata, paruh, ukuran, kaki dan juga telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *