Cepat Gacor! Ini Tips Merawat Burung Perkutut Terbaik

Burung perkutut adalah salah satu burung peliharaan yang termudah untuk kita jumpai. Memang perkutut menjadi salah satu favorit pecinta burung. Sama saja seperti berbagai jenis burung lainnya, dia juga harus dirawat dengan beberapa perawatan penting. Banyak orang yang tidak memperhatikan sehingga perkutut peliharaannya malahan jadi sakit atau kurang maksimal. Disini kita akan membahas tips merawat perkutut yang terbaik.

Untuk tips merawat burung perkutut pertama yaitu dengan mencari suasana yang nyaman. Suasana yang nyaman untuk perkutut adalah suasana yang tenang dan dilengkapi dengan udara serta alam yang masih asri. Selain itu jangan lupa juga memilih suasana yang tidak berisik atau terlalu ramai. Suasana seperti ini sendiri nantinya akan membuat perkutut bisa saja mengalami stres dan tidak mau berbunyi.

Selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan kandang. Kandang yang baik adalah kandang yang dilengkapi dengan kebersihan yang baik. Usahakan kandang ini wajib selalu dibersihkan secara rutin. Jangan sampai terlalu banyak tertumpuk kotoran di dalam kandang. Kalau terlalu banyak kotran, bukan hanya rupanya yang malahan jadi jelak. Akan tetapi bisa saja mengandung banyak penyakit.

Memberi pakan dan minum secara rutin juga bisa jadi pilihan yang baik. Pakan dan minuman tentu saja memang harus dipilih yang baik. Makanan yang baik tentunya adalah makanan yang dilengkapi dengan nutrisi untuk burung. Berikan juga makanan yang bervariasi supaya nutrisinya lebih lengkap. Pemberiannya juga lebih baik dan harus menyesuaikan dengan jadwal yang tepat untuk perkutut.

Cara merawat burung perkutut selanjutnya yaitu memberi kencur. Kencur adalah salah satu rempah yang sangat berguna untuk perkutut. Disini fungsi dari pemberian kencur sendiri akan menghilangkan lendir yang terdapat pada saluran pernafasan perkutu. Kalau lendir bisa kita hilangkan, maka suara bagus dari perkutut akan keluar. Usahakan berikan dalam jumlah yang secukupnya saja.

Lakukan juga mastering pada burung. Mastering adalah salah satu cara kita untuk membuat suara dari burung peliharaan semakin bagus kicauannya. Semua burung kicau termasuk perkutut juga bisa kita lakukan mastering. Dengan melakukan mastering, maka suara kicau dari perkutu semakin lebih bervariasi dan lebih baik. Usahakan mastering ini dilakukan dengan berbagai jenis burung lannya saja.

Burung perkutut juga harus di jemur di pagi hari. Sinar matahari yang ada pada pagi hari sendiri memang sangat baik. Terutama karena di dalamnya memang telah terbukti mengandung vitamin D. Kandungan ini yang akan akan berguna untuk perkutut. Anda bisa menjemur perkutut peliharaan Anda pada sekitar jam 8-10 pagi. Di jam ini sangat pas. Jangan kesiangan karena terlalu panas.

Memberi pasangan pada perkutut juga bisa jadi pilihan supaya perkutut lebih gacor. Memang kalau dalam masa kawin akan lebih sering berbunyi. Kita bisa memberi pasangan dan kalau sudah berjodoh, maka bisa dipisahkan kembali. Kalau sudah dipisahkan nanti akan lebih sering untuk berkicau.

Jangan lupa memberi extrafood. Sesuai namanya ini adalah suatu makanan tambahan yang dilengkapi dengan multivitamin. Anda bisa membelinya di toko burung terdekat.


Terakhir jangan lupa untuk pilih jenis kelamin yang tepat. Tentu dari jenis kemalin jantan dan betina punya kicauan yang berbeda. Disini yang lebih baik adalah memilih jenis kelamin jantan karena kegacoran dari segi suara atau bunyi yang dikeluarkan memang terbaik. Demikianlah bahasan yang telah saya lakukan mengenai tips dalam memelihara burung perkutut kicauan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *